RainbowRahmanto(RRO)

RainbowRahmanto(RRO)
Open Test Plat/Com *RRO*

Minggu, 23 Juni 2013

Menjadi Pria Dewasa Adalah Perjuangan

da sebagian orang yang berpendapat bahwa cowo dan pria memiliki arti yang berbeda. Seorang cowo diartikan sebagai lelaki yang masih remaja atau masih bersifat kekanak-kanakan. Sedangkan pria lebih diartikan sebagai sosok lelaki yang memiliki sifat dan pemikiran yang dewasa. Walaupun tidak semua orang berpikir demikian, ada juga yang berpendapat perbedaan kata tersebut tak selalu mendefinisikan arti seorang ‘pria’.
Artikel ini tidak akan membahas perbedaan kata tersebut, namun, akan menjabarkan sedikit kapan pria bisa dikatakan telah menjadi ‘pria’. Berikut beberapa karakter atau sifat yang ada di dalam sosok ‘pria’.
Bijaksana
Jika seorang pria mampu mempertimbangkan secara baik segala keputusan yang akan diambil dan dapat melihat masalah tak hanya dari satu sisi, maka bijaksana bisa disematkan di dadanya sebagai salah satu syarat seorang ‘pria’. Akan menjadi sempurna jika ‘pria’ ini mampu melibatkan banyak orang dan tidak gegabah dalam menentukan keputusannya.
Tegas
kebanyakan pria sulit membedakan tegas dan keras. Untuk menjadi tegas tidak perlu menggunakan nada yang keras apalagi melakukan kekerasan. Sedangkan tegas merupakan sikap yang diambil berdasarkan aturan-aturan yang telah disepakati atau diputuskan. Tetapi umumnya pria tegas adalah seorang laki-laki yang bisa berkata tidak di waktu yang baik dan tempat yang tepat.
Tegar
Tegar dengan arti seorang pria yang mampu menghadapi masalah seberat apapun dengan tetap berpikir dengan jernih dan sehat. Selalu berusaha mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah sehingga tidak melakukan hal bodoh yang merugikan dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya.
Komitmen
Berkomitmen akan sesuatu memang tidak mudah, namun seorang ‘pria’ pasti mampu melakukannya. Salah satu ciri-ciri ‘pria’ yang memiliki komitmen adalah hampir tidak pernah mengingkari janji dan selalu tepat waktu.
Bisa diandalkan
‘Pria’ harus mampu menjadi panutan dalam segala situasi. Ia mampu menjadi problem solver, apapun masalahnya. Bahkan seorang ‘pria’ harus mampu menjadi seorang decision maker yang baik.
Bertanggung jawab
Setiap keputusan yang diambil memang tidak selalu menghasilkan sesuatu yang baik dan diinginkan. Namun seorang ‘pria’ akan mempertanggungjawabkan segala keputusan yang ia ambil. Tidak lari dan menghindar dari masalah yang menghampirinya. Pria yang bertanggung jawab bisa menerima kesalahan dengan lapang dada dan tidak akan menyusun barisan kalimat untuk membenarkan pilihan yang diambil. Benar atau salah adalah benar atau salah.
Mampu mengontrol emosi
Inilah bagian tersulit bagi seorang pria. Nalurinya sebagai penguasa sangat kuat. Jika terjadi perselisihan, apa lagi sudah menyulut harga diri, maka kekuatan fisik yang akan menjadi pembuktiannya. Seorang ‘pria’ tahu bahwa kekuatan fisik tidak akan menyelesaikan permasalahan. Seorang ‘pria’ pandai mengontrol emosinya, pendengar yang baik, dan keluar sebagai pemenang karena pikirannya selalu jernih.
Pria Dewasa bukan dongeng para perempuan, tapi sangat mungkin dimiliki oleh seorang pria jika mampu memiliki kemampuan-kemampuan di atas. Kemampuan tersebut tidak akan jatuh dari langit, tetapi seorang pria memperjuangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar