RainbowRahmanto(RRO)

RainbowRahmanto(RRO)
Open Test Plat/Com *RRO*

Minggu, 23 Juni 2013

Orang Tua Adalah Teladan Bagi Kehidupan Anak-anak

teladan anakSetiap orang tua diberi tanggung jawab besar, keistimewaan luar biasa, serta anugerah karena menjadi teladan yang menentukan hidup, bahkan mungkin membentuk seseorang yang suatu hari nanti akan menjadi orang tua juga. Sudah pasti, cara kita menjadi orang tua anak kita adalah satu-satunya faktor terpenting dalam menentukan masa depan mereka. Ingatlah selalu bahwa suatu hari nanti mereka akan bercermin dan menyadari betapa mereka sangat mirip dengan Anda.
Semua orang tua adalah teladan. Satu-satunya pertanyaan adalah, teladan macam apa kita? sebaik apa tugas yang sedang kita lakukan?

Ingat!

  1. Orang tua memasang fondasi kehidupan anak-anak mereka.
  2. Anak-anak anda dipengaruhi oleh seseorang atau sesuatu sepanjang hari setiap hari
  3. "Lakukan seperti yang kukatakan,bukan seperti yang kulakukan" tidak akan berguna. Anda adalah teladan untuk anak anda
  4. Semua anak lambat laun akan menyerupai orang tua mereka.
  5. Nilai-nilai anak anda "diajarkan", dan "ditularkan".
  6. Jika mungkin, tetaplah tinggal bersama"demi kebaikan anak-anak".
  7. Orangtua tunggal harus memilih dengan sangat hati-hati saat mereka mencari bantuan.

Prinsip Penting

Jadilah orang seperti yang Anda inginkan dari anak-anak anda.
Bagaimana Mencapainya
  1. Gandakan jumlah waktu yang anda pakai untuk percakapan penuh arti bersama anak-anak anda minggu ini dan minggu selanjutnya!
  2. Pakai waktu untuk menonton drama TV dengan anak-anak anda dan bicarakan dengan mereka tentang pokok persoalan yang diangkat.
  3. Ingatlah bahwa perbuatan lebih berguna daripada ucapan. Pikirkan pesan yang ditangkap anak-anak anda dari anda minggu ini.
  4. Carilah dengan sengaja kesempatan untuk menurunkan salah satu nilai-nilai anda kepada anak anda.
Teladan Rasulullah dalam mendidik anak memang perlu untuk kita contoh dan terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Demikian pula kita sebagai orang tua dalam memberikan keteladan yang baik kepada anak-anak kita. Karena memang seorang anak memerlukan figur dan contoh teladan yang baik dari orang tuanya sendiri sebelum meneladani orang lain. Untuk itu diperlukan teladan orang tua yang baik untuk anak-anaknya juga.

Mendidik anak tetap menjadi bagian dari tanggung jawab orang tua yang harus dijalankan dengan baik agar menghasilkan anak-anak yang sholeh dan sholehah. Termasuk ketika mendidik anak sejak dalam kandungan sampai dengan anak lahir ke dunia nantinya.

Serta juga yang masuk dalam bagian tanggung jawab orang tua adalah memberikan nama baik kepada anak dan buah hatinya masing-masing. Menjadi teladan adalah salah satu cara bagi orang tua untuk ‘menulisi’ anaknya. Teladan di masa anak anak tidak hanya berguna saat itu saja tetapi juga bermanfaat kelak saat si anak mencapai umur dewasa. Dan kita juga harus mencontoh cara Nabi Rasulullah mendidik anak karena beliau lah sebaik-baik manusia yang memiliki keteladanan yang diakui oleh dunia masa dahulu sampai masa sekarang ini.

Teladan Orang Tua Bagi Anak

Menjadi teladan yang baik bagi anak tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Tetapi bila perilaku positif sudah jamak dilakukan dalam kehidupan keseharian maka teladan bisa diberikan bahkan tanpa perlu bersusah payah. Orang tua dapat memberi contoh kepada anak bagaimana berperilaku yang baik seperti tidak suka berbohong, bersifat adil, mencintai sesama, tekun belajar, berdisiplin dan lain lain.

Contoh baik seorang ayah kepada anaknya adalah merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah kehidupan seorang anak. Terutama dalam pendidikan akhlak seorang anak. Demikian pula contoh baik seorang ibu juga penting untuk pendidikan moral bagi sang anak. Untuk itulah orangtua harus bisa menjadi contoh dan teladan baik pada anak dan juga bagi keluarga kita sendiri. Karena hal ini akan berpengaruh kepada tahap perkembangan anak kita pula nantinya.

Beberapa contoh teladan orang tua diantaranya yaitu :
  1. Melatih memberikan salam dan menjawab salam. Hal ini akan kita bisa kita lakukan ketika orang tua atau pun anggota keluarga lainnya akan pergi atau pun kembali dari suatu tempat ke dalam rumah yang ditinggali. Selain hal tersebut merupakan contoh baik pada anak maka perlu ditambah pula dengan memberikan jabatan tangan ketika bertemu. Contoh memberikan salam dan menjawab salam dengan disertai berjabatan tangan ini akan mudah ditiru oleh anak manakala orang tuanya melakukannya setiap hari.
  2. Membiasakan mengekspresikan kasih sayang kepada anak. Ekspresi kasih sayang orang tua kepada anak bisa diwujudkan dengan memberikan pelukan atau pun sentuhan yang hangat. Ini akan mengajarkan kepada anak bahwasannya dalam kehidupan rumah tangga diperlukan kasih sayang yang tulus serta ikhlas bagi seluruh anggota keluarga. Ini adalah merupakan bagian dari tips cara Nabi mendidik anak yang bisa kita ikuti dan contoh.
  3. Mengajarkan dan membiasakan anak berdoa sebelum beraktifitas. Teladan baik Rasulullah SAW ini juga banyak terdapat dalam hadist-hadist yang shohih. Orang tua harus bisa mencontohkan sebelum menjalankan aktifitas apapun selalu dimulai dengan membaca doa. Minimal adalah dengan membaca basmalah. Karena banyak keutamaan bacaan basmalah ini dalam kehidupan sehari-hati kita.
Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan tanggung jawab orang tua dalam memberikan keteladana kepada anak-anaknya. Selian itu juga kita memerlukan beberapa hal yang berhubungan dengan materi pendidikan agama anak yang bisa kita terapkan dalam kehidupan rumah tangga kita untuk mencapai keluarga sakinah mawaddah dan marahmah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar